Pages

Blog yang berisi ribuan informasi menarik

Tuesday, December 15, 2015

Jenis - Jenis Komunikasi Dalam Jaringan

Jenis - Jenis Komunikasi Dalam Jaringan - Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk merubah sikap atau tingkah laku seorang atau sejumlah orang sehingga ada efe tertentu yang diharapkan.

Pengertian tersebut berlaku untuk Komunikasi Dalam Jaringan, akan tetapi berbeda peng-implementasiannya. Kalau Komunikasi biasa hanya bermodal mulut saja sudah cukup tapi untuk Komunikasi Dalam Jaringan kita membutuhkan sebuah perangkat/alat seperti laptop, android, router, dll.



Kali ini saya akan membagikan artikel tentang Jenis - Jenis Komunikasi Dalam Jaringan, apa saja kah jenis-jenis tersebut? yuk, mari kita simak.

Berdasarkan metode penyampaiannya, Jenis - Jenis Komunikasi Dalam Jaringan dapat menjadi 2/dua yaitu:

Komunikasi Online ASynchronous
Komunikasi Online tidak langsung atau asynchronous adalah Komputer memediasi komunikasi secara tunda dimana orang-orang berkomunikasi dalam mode tertunda oleh komputer. Contoh komunikasi online aSynchronous adalah: e-mail, forum, dan membaca dan menulis dokumen online melalui World Wide Web.

Komunikasi Online Synchronous
Komunikasi Online secara langsung atau synchronous adalah mediasi komputer untuk komunikasi yang terjadi dalam waktu bersamaan. Contoh komunikasi Synchronous antara lain:
  • Text chat
Text chat adalah sebuah feature, apalikasi, atau program dalam jaringan internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama pemakai internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan internet). Komunikasi text dapat mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan dengan teks, demikian seterusnya, itulah proses terjadinya text Chatting.
  • Video Audio
Video chat merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi-lokasi yang berbeda. Video chatting biasanya dilakukan melalui perangkat computer maupun tablet atau smartphone (juga  disebut  telepon  video  chatting).Video chatting dapat melibatkan  point-to-point (atau satu-satu) interaksi, seperti FaceTime dan Skype, atau interaksi multipoint (atau satu-ke-banyak), seperti dalam Google Hangouts. Video chatting sering salah kaprah dengan istilah videoconference dan ada banyak tumpang tindih antara keduanya, dalam kebanyakan kasus videoconference mengacu pada multipoint (3 atau lebih peserta) audio dan video interaksi dikerahkan di lingkungan bisnis, sedangkan video chatting paling sering merujuk kepada satu ke satu panggilan video yang dilakukan melalui perangkat lunak aplikasi seperti Skype, FaceTime, Facebook Video Chat dan ooVoo.
Facebook Twitter Google+

9 comments

wah, nice artikel gan, nambah pengetahuan

Wah cocok banget nih buat materi yang sedang saya cari, nice post gan

sip manttab infonya gan nambah pengetahuan ane

makasih gan,nambah ilmu pengetahuan & buat tugas ane disekolah hehe

makasih gan menambah ilmu! :)

kalau di sekolah baru diajari jenis-jenis jaringan
sekarang jenis-jenis komunikasi dalam jaringan
lumayan lah dapet ilmu sebelum diajari di sekolah

aku kadang udah bosen pake text.. jadi beralih vidio :v

bagus nih, artikelnya sangat membantu gan dapat ilmu baru lg ane

Back To Top