Pages

Blog yang berisi ribuan informasi menarik

Friday, January 15, 2016

Pengertian dan Kriteria Suatu Teks Opini/Editorial

Pengertian dan Kriteria Suatu Teks Opini/Editorial - Teks Opini/Editorial materi yang saya dapatkan di kelas 12 semester 2 kurikulum 2013 untuk sma/smk dan akan saya bedah secara singkat, padat, lengkap, mudah dimengerti/jelas, dan disertai contoh Teks Opini/Editorial. adapun berbagai macam hal yang akan saya sampaikan di bawah ini, silahkan dicermati dengan baik.

Pengertian Teks Opini/Editorial
Opini (dalam bahasa inggris: opinion) adalah pendapat, pikiran, dan pendirian. maksudnya adalah: sesorang bebas mengeluarkan pendapat atau pikiran terhadap sebuah persoalan yang dilengkapi dengan fakta/bukti dan alasan yang masuk akal agar diterima oleh orang lain. Hargailah pendapat orang lain, sehingga anda bisa mengambil pembelajaran dari pendapat mereka. menganggap remeh apa yang akan mereka katakan, hanya akan mempersulit keadaan.

Teks Opini adalah suatu wadah untuk seseorang yang ingin mengeluarkan pendapat atau pikiran terhadap pandangan sebuah persoalan. dalam mengeluarkan pendapat atau pikiran harus dilengkapi dengan sebuah bukti fakta penunjang dan alasan yang kuat/masuk akal agar teks opini yang akan dibangun bisa diterima oleh pembaca atau pendengar. Jangan sampai opini yang tercipta itu hanya berisi pendapat kosong(tidak disertai fakta) yang cenderung seperti khayalan belaka. Dasar dari Teks opini adalah Teks Eksposisi yang disusun dengan struktur teks pernyataan pendapat "argumentasi" dan reiterasi (pernyataan ulang pendapat).

info: biasanya Teks Opini/Editorial berisi pandangan / pendapat / opini redaksi terhadap sebuah peristiwa atau kejadian yang faktual, aktual, fenomenal, atau kontroversial di masyarakat

Teks Opini terbagi menjadi 2(dua) macam kategori yaitu;
  • Opini Analitis adalah opini yang berkenaan dengan konsep atau teori tentang sesuatu
  • Opini Hortatoris adalah opini yang berkenaan dengan tindakan yang perlu dilakukan atau kebijakan yang perlu dibuat
Apa Saja Kriteria Teks Opini/Editorial?
Dalam membuat Teks Opini/Editorial harus terdapat :
  1. Judul
  2. Latar belakang masalah
  3. tokoh
  4. masalah
  5. peristiwa yang disampaikan
  6. opini penulis
  7. saran dan solusi permasalahan
  8. kesimpulan
  9. sumber berita
Oh ya, nama lain Teks Opini/Editorial kata guru saya : Tajuk Rencana / Dari Redaksi / Redaksi Menulis / Induk Karangan.

Nah, belum cukup/puas tentang pembahasan materi kali ini?. Baca juga materi tentang Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Opini/Editorial. Jangan lupa share ke teman-temanmu ya.
Facebook Twitter Google+

Back To Top