Pages

Blog yang berisi ribuan informasi menarik

Saturday, October 17, 2015

Pengertian dan Kriteria Suatu Teks Berita / Berita (beserta Contoh Berita)

Tags: Pengertian dan Kriteria Suatu Teks Berita, Kriteria Suatu Berita, Contoh Teks Berita, Soal yang berkaitan dengan teks berita, Ciri - ciri Teks Berita, Cara Membuat teks Berita

Apa itu Berita?

Teks Berita = Berita berisi fakta, Namun tidak semua fakta bisa menjadi Berita. Hanya kejadian yang luar biasa, kebaruan, akibat, aktual, kedekatan, informasi, konflik, kejutan dan bermakna yang bermakna berpengaruh pada para pendengar atau pembaca secara relevan dan layak dinikmati oleh mereka.

perlu diingat!!!,  fakta ditandai dengan kata = Tadi, Telah, dll

Kriteria Suatu Kejadian dapat dijadikan Berita?

1. Keluarbiasaan
    Suatu peristiwa yang luar biasa. ( Berita yang sangat luar biasa, hampir semua canel di tv/masyarakat di sekitar kita / semuanya tahu lah )


2. Kebaruan
     Bisa juga berita yang sudah lam terjadi, tetapi kemudian ditemukan suatu yang baru dari peristiwa tersebut. ( Seperti jatuhnya crane/penyangga di mekah sana terus dikarenakan apalah itu )


3. Akibat
     Segala hal yang berdampak luas dalam kehidupan bermasyarakat ( Seperti, ...??? )


4. Aktual
     Sedang atau baru terjadi. ( seperti, kabut asap yang terjadi di sumatra, kalimantan)


5. Kedekatan
     Geografis = Berita terjadi disekitar tempat tinggal kita. (seperti gunung meletus )
     Psikologis = Keterkaitan pikiran, perasaan atau kejiwaan seseorang dengan suatu obyek peristiwa atau berita. ( seperti, selebriti yang meninggal dunia lalu para fansnya nekat / sangat terpukul > dengan kehilangannya )


6. Informasi
     Informasi adalah segala hal yang bisa menghilangkan ketidakpastian. Informasi memeliki nilai berita atau memberi banyak manfaat kepada publik yang patut mendapatkan perhatian media. ( Seperti informasi hilangnya pesawat lalu dalam berita tersebut tercantum sebuah inrfomasi hilangnya / meninggalnya kru, atau lainnya boleh )


7. Konflik
     Berita adalah konflik yang syarat dengan dimensi pertentangan ( orang cerai atau apalah )


8. Orang Penting
     Berita tentang orang-orang penting, ternama, pesohor, selebriti, publik figure. ( seperti berita tentang blusukannya presiden JOKOWI)


9. Kejutan
     Kejutan adalah sesuatu yang datangnya tiba-tiba di luar dugaan, tidak direncanakan, di luar perhitungan, tidak diketahui sebelumnya.  ( seperti hilangnya pesawat )

INFO : contoh itu (Seperti) hasil pemikiran sendiri :v
Facebook Twitter Google+

2 comments

mas, bisa search aja di atas sana, atau mas bisa lihat di entri populer/samping kanan atas mas.

Back To Top